In Altcoin Trading Tutor

Strategi Trading Altcoin


Strategi Trading Altcoin

Dalam industri perdagangan (trading) cryptocurrency, market ALTCOIN (alternative coin) merupakan semua cryptocurrency yang dipasangkan dengan Bitcoin (BTC). Disini ada lebih dari ratusan jenis altcoin yang mempunyai likuiditas yang beragam, dimulai dari 0 hingga 1000+ BTC volume perdagangan per 24jam. Beberapa diantaranya yang mempunyai tingkat likuiditas tinggi adalah Ethereum, Dash, Monero dan lainnya. Pada saat artikel ini ditulis, altcoin mempunyai 15% dari keseluruhan market capital cryptocurrency dan sedangkan sisanya 85% dikuasai oleh Bitcoin itu sendiri.

Altcoin (alternatif coin) yang mempunyai likuiditas tinggi tentu akan membuat para trader lebih merasa nyaman untuk memperdagangkannya dengan dana yang besar. Sedangkan altcoin yang kecil likuiditasnya seperti contoh dibawah 25 BTC atau dibawah 10 BTC per 24 jam, ia membatasi para trader untuk invest dengan dana yang besar. Meskipun ada potensinya menghasilkan profit yang besar namun ia membuat para trader selalu resah dan perlu lebih sering memantau keadaan market. Untuk itu, semakin kecil likuiditas sesebuah market altcoin, maka lebih besar resiko yang harus dihadapi.


Sebelum anda memutuskan untuk melakukan perdagangan cryptocurrency pada market altcoins, ada baiknya anda mengetahui dan memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Memperhatikan Indikator Volume Perdagangan dalam 24 jam sangat penting. Jika anda seseorang yang tidak suka dengan resiko tingkat tinggi, sebaiknya hindari melakukan trading pada sesebuah altcoin yang mempunyai volume perdagangan dibawah 10 BTC, atau dibawah 50 BTC. Alasannya karena market yang mempunyai volume trading kecil akan sangat mudah sekali dimanipulasi oleh para insiders dan para paus. Sedangkan jika anda fokus pada altcoin yang mempunyai likuiditas tinggi, maka ia akan menjadi lapisan perlindungan extra dari semua resiko yang dijelaskan tadi.
  • Lakukan trading altcoin yang mempunyai dukungan kuat dari para anggota komunitasnya.
  • Lakukan trading altcoin yang mempunyai inovasi teknologi dimana ia berbeda dengan crypto yang lain.

Selain dari Likuiditas dan Inovasi Teknologi, market pada Bitcoin (BTC) juga mempengaruhi bagaimana trends market altcoins bergerak. Beberapa kesamaan yang dapat kita pelajari dalam market cryptocurrency sepanjang 5 tahun terakhir adalah, kita akan menyadari bahwa selalu ada kecenderungan:

  • Jika nilai Bitcoin mulai anjlok, nilai dalam market Altcoin akan mulai naik, dimana biasanya ia dipimpin oleh Ethereum.
  • Apabila nilai Bitcoin sudah mulai berada pada nilai paling dasar, maka altcoin tier pertama seperti XMR, DASH, FCT dllnya akan mulai naik.
  • Apabila nilai Bitcoin sudah mulai tampak naik sedikit kembali (trend reversal), maka altcoin tier kedua seperti ZCASH, DOGE, WAVES, LISK akan mulai naik.
  • Saat nilai Bitcoin terus lanjut naik, maka fenomena pump (kenaikan) altcoin akan sudah mulai tampak kehabisan gas untuk terus naik.
  • Ketika Bitcoin sudah hampir menanjak kepada level breakout, beberapa altcoin yang marketcapnya kecil akan ikut naik.
  • Setelah Bitcoin tembus level breakoutnya dengan volume yang tinggi, maka altcoin tier pertama seperti ETH akan mulai anjlok.
  • Fenomena kesamaan yang diungkapkan diatas biasanya akan selalu terulang secara terus menerus ( sejarah akan terulang ).

Bagaimana untuk menentukan altcoin yang layak untuk dibeli ?
Kapan waktu yang tepat untuk menjual ?
Bagaimana untuk menjadi trader yang baik ?

Maka wajib untuk selalu :

  • Mengetahui bagaimana struktur sirklus kehancuran sesebuah market altcoin.
  • Mempelajari variasi fase sirklus emosional.
  • Menganalisa aksi harga yang sedang terjadi.
  • Memahami struktur ekonomi market sesebuah altcoin dimulai dari bagaimana distribusi coinnya dan dari mana sumber inflasinya berasal.
  • Mengetahui fenomena fase sirklus pump dan dump.

Disini ada sebagian trader yang lebih ahli dalam teknikal analisis dengan cara memantau pergerakan candlesticks dan volume. Sedangkan ada pula yang lainnya, lebih ahli dalam mendalami situasi development dan mencari tahu proyek-proyek baru yang sedang terjadi dalam sesebuah market cryptocurrency. Akan tetapi apapun itu, hanya ada dua hal yang dapat terjadi dalam trading cryptocurrency, antara ia naik atau turun.

Perdagangan dalam market altcoin sebenarnya bisa dibilang kurang efisien untuk saat ini, akan tetapi ia mempunyai banyak kesempatan untuk mendatangkan profit yang besar jika saja anda mau menginvestasikan lebih banyak waktu untuk melakukan penelitian (research) yang lebih mendalam.

Semoga Bermanfaat.

https://indodax.com/ref/hanamawarti/1


Related Articles

{