In Crypto Currency Tutor

Apa Tujuan dan Motif Komunitas Bitcoin Unlimited ?


Perlu diketahui bahwa ada 3 golongan Komunitas Bitcoin saat ini. 
  • Pertama ialah Bitcoin Core yg saat ini memonopoli hampir rata rata keseluruhan hashrate network Bitcoin. 
  • Kedua ialah Bitcoin Classic 
  • Ketiga ialah Bitcoin Unlimited. 
Dari ketiga golongan Bitcoin ini, setiap komunitasnya mempunyai motif dan tujuannya masing masing, dimana mereka mempunyai pendapat yang berbeda beda terhadap isu permasalahan skalabilitas Bitcoin.


Bitcoin yang saat ini atau yang dikenal sebagai Bitcoin Core sangat anti untuk melakukan hardfork yang bermaksud untuk meningkatkan sizeblock blockchainnya supaya dapat menampung lebih banyak transaksi. Menurut Bitcoin CoreSegregated Witness dan Lightning Network, yang dapat mengskalakan transaksi Bitcoin diluar blockchainnya (tanpa hardfork), sudah lebih dari cukup untuk mengatasi isu permasalahan tersebut. Jika anda membuat posting sesuatu topik tentang hardfork di forum Redditnya Bitcoin, jangan heran kalau postingan anda akan langsung dihapus mereka, dan bisa saja anda diblokir dari forum tersebut. 

Bitcoin Classic dan Bitcoin Unlimited mempunyai tujuan yang agak mirip yaitu: mereka menginginkan Bitcoin untuk melakukan hardfork dan meningkatkan size blocknya. Yang menjadikan Classic dan Unlimited berbeda ialah, di Unlimited ia mempunyai sebuah organisasi non-profit dimana mereka akan membuat keputusan sesuai dengan suara para miner contohnya: seberapa besar peningkatan size block yang mereka kehendaki? Disini Roger Ver yang merupakan angel investor dan orang yang pertama kali berinvestasi pada Start-up2 Bitcoin nampak sangat mendukung serta memperjuangkan Bitcoin Unlimited.


Bitcoin Unlimited menjadi semakin menarik saat salah satu mining pool terbesar (top 5) yaitu: ViaBTC, mengalihkan hashratenya dengan cara mengganti kliennya dari Bitcoin Core kepada Klien Bitcoin Unlimited. Hal ini menyebabkan hashrate Bitcoin Unlimited via Bitcoin.com MiningPool melonjak menjadi 0.8% hashrate secara global. Dan untuk Bitcoin Unlimited mengambil alih Bitcoin Core... mereka setidaknya harus menguasai diatas 51% global hashrate.


Menurut komunitas Bitcoin Unlimited, Segragated Witness ialah ide yang buruk. Alasannya ialah Segregated Witness cuma membantu untuk meningkatkan keefisienan sizeblock kepada1.7 MB saja. Sedangkan peningkatan ke 1.7 MB, lambat laun juga akan mendatangkan masalah kepada Bitcoin kembali pada akhirnya. Hanya butuh waktu 1 tahun saja, ditaksirkan 1.7MB tidak akan dapat lagi menampung adopsi peningkatan populasi pengguna Bitcoin. Selain dari itu, dengan pengintegrasian Segragated Witness, ia akan mengundang banyak permasalahan teknikal, dimana segala struktur transaksi bitcoin di wallet, miningpool, software, Bitcoin ATM dan exchanger harus disetting ulang. Belum lagi biaya external untuk pengintegrasian ini cukup tinggi biayanya, semua semata mata demi peningkatan 0.7MB size block.

SelanjutnyaKomunitas Bitcoin Unlimited juga mengganggap Lightning Network juga bukan merupakan sebuah solusi skalabilitas yang ampuh. Alasannya ialah karakteristik Lightning Network yang bersifat sentralisasi dimana pengguna harus mengunci dulu bitcoin mereka pada sebuah "hubs" barulah transaksi mereka itu dapat diproses. Semua prosedur tersebut secara tidak langsung menjadikan Lightning Network tidak berbeda dengan Bank, padahal masyarakat menggunakan Bitcoin karena hendak menjauhi sistem Bank yang bersifat sentralisasi. 

Bitcoin Unlimited membenarkan para minernya untuk menentukan sendiri seberapa besar maximal blocksize yang hendak mereka hasilkan dengan memasukkan script coinbase pada setiap block. Ini akan menjadikan sizeblock Bitcoin lebih fleksible dan dapat diatur dengan mudahnya. Tentu saja resiko terbesar hardfork ialah akan terjadinya 2 skenario blockchain seperti apa yang terjadi dengan Ethereum dan Ethereum Classic. Namun begitu... menurut komunitas Bitcoin Unlimited, mereka menyatakan bahwa jika majoritas orang setuju dengan peningkatan blocksize ini maka kemungkinan terjadinya 2 jenis blockchain ialah kecil. 


Siapakah yang akan menang? Mungkin cuma waktu yang akan menjawab segalanya. Sangat tidak mudah untuk Bitcoin memecahkan isu skalabilitasnya dengan adanya 3 kelompok yang saling bertentangan seperti ini. Sedangkan disisi lainnya, Ethereum sudah mempunyai solusi terhadap permasalahan skalabilitasnya.



Related Articles

{