In Tokoh

Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto



Craig Wright Adalah Satoshi Nakamoto. Misteri siapa orang dibalik nama Satoshi Nakamoto akhirnya terungkap. Craig Wright adalah seorang pengusaha asal Australia. Ia mengaku dan mengidentifikasi dirinya adalah sebagai pencipta Bitcoin. Selama ini kita mengetahuinya sebagai sebuah nama pseudonym dengan nama “Satoshi Nakamoto”.

Pengakuan inipun telah juga diamini oleh anggota dan tim inti pengembang Bitcoin Core. Wright juga telah memberikan bukti teknis yang memberikan penjelasan atas klaimnya sebagai Satoshi Nakamoto. Craig Wright memberikan bukti tentang transaksi pengiriman pertamanya kepada Hal Finney di tahun 2009. Ia mengatakan, “Ini adalah blok yang digunakan untuk mengirim 10 Bitcoin kepada Hal Finney pada Januari 2009, sebagai transaksi pertama Bitcoin.

Transaksi itu dilakukan oleh Satoshi Nakamoto saat melakukan pertambangan blok pertama kali, atau yang kemudian dikenal dengan Genesis Block. Sedangkan Hal Finney, adalah yang cukup banyak membantu Satoshi dalam pengembangan Bitcoin saat itu.

Wright saat memberikan pernyataan tersebut, kepada tiga media terkemuka saja, yakni BBC, Economis, dan GQ. Ia menyatakan komentarnya saat diwawancarai di BBC. Ia mengatakan, “Saya hanya akan menyampaikan ini sekali, selanjutnya, tidak akan mau lagi, tidak akan pernah” tegasnya.

Sementara Gavin Andresen, pengembang Bitcoin Core, mengamini pernyataan Wright tersebut. Ia pernah menemui Craig yang bernama lengkap Craig Steven Wright. Gavin lalu mempublikasikan pertemuannya tersebut di situsnya.

Gavin, percaya bahwa Craig Wright adalah orang yang selama ini diketahui sebagai Satoshi Nakamoto. Pada saat itu Gavin juga melihat dan memeriksa verifikasi dan signature yang digunakan hanya oleh Satoshi Nakamoto. Ia mengatakan di situsnya, “Bagian dari waktu pertemuan itu dihabiskan untuk memeriksa verifikasi pesan yang ditandatangani secara kriptografi dengan private key yang hanya bisa dilakukan oleh Satoshi. Tapi sebelum saya menyaksikan tandatangan key itu, dan memverifikasi tersebut dengan sebuah komputer yang bersih, yang tidak bisa dirusak, saya cukup yakin bahwa saya duduk disamping Bapak Bitcoin”, terangnya.

Begitupun juga ketika pertemuan Wright dengan BBC, ia pun menunjukkan hal itu. Ia menggunakan key itu saat pertama kali Bitcoin dijalankan. Kemudian ia menggunakan itu untuk membuat blok pertama Bitcoin. Craig mengatakan saat ia melihatkan bukti tersebut, “Beberapa orang akan percaya, beberapa orang lain akan tidak percara. Dan sejujurnya, saya tidak peduli dengan hal itu”. Tegasnya.

Berkaitan dengan pengembangan Bitcoin saat itu, Craig berkata, “Saya adalah bagian utama dari itu, tapi orang lain membantu saya”, katanya. Tidak hanya Gavin yang turut mengamini, Jon Matonis, salah seorang ekonom yang juga sebagai direktur dan pendiri Bitcoin Foundation mengatakan, ”Selama sesi pembuktian di London, saya memiliki kesempatan untuk meninjau data yang relevan pada sepanjang tiga baris yang berbeda, kriptografi, sosial, dan teknis,” ia mengatakan.

Sementara hasil dari pemeriksaan yang dilakukannya, Jon Matonis menambahkan, “Ini adalah perusahaan saya yang menyakini bahwa Craig Wright memenuhi semua dari tiga kategori tersebut”, tambahnya.

Ketika ditanya mengapa sekarang mengakui hal tersebut, setelah sekian lama ia kemudian menjauh dari Bitcoin setelah ia menemukannya ? 

Ia mengatakan, “itu adalah hak saya, untuk tidak mengatakan itu, jika saya telah merilis paper itu yang sebetulnya membuat untung orang lain, mengapa saya harus memasukkan credit saya untuk itu ?”. 

Ketika ditanya, tidakkah anda bangga telah berhasil menciptakan itu ? 
Craig lalu menjawab, “Ya, tapi itu tidak harus saya harus terus berada layar televisi. Saya ingin bekerja. Saya harus melakukan yang harus saya lakukan. Ada banyak cerita di luar sana yang telah dibuat. Dan saya tidak suka menyakiti orang yang saya sayangi. Saya tidak ingin salah satu dari mereka yang akan terkena dampak dari hal ini”, 

Saat ditanya kaitannya dengan kekayaan yang didapat dari Bitcoin, ia menjawab, 

”Apa masalahnya, itu bukanlah berapa banyak yang saya miliki, tapi kapan saya menggunakannya. Saya tidak mencari karena uang. Saya tidak membutuhkan uang, dan saya tidak ingin dibantu. Saya juga telah mengkonfirmasikan hal ini, jika ada orang yang hendak memaksa saya untuk berkata, saya tidak akan pernah mau. Jika ada yang ingin memasukkan saya untuk penghargaan nobel atau yang lain, saya tidak akan pernah mau menerima setiap sen dari anda semua, untuk apapun juga”, ia menegaskan.

Craig Wraight menegaskan dalam pernyataannya tersebut, bahwa ia hanya ingin menjalankan pekerjaannya. Ia tidak butuh ketenaran karena ia telah menemukan Bitcoin. Ia hanya ingin dibiarkan sendiri, seperti sedia kala.




Artikel yang meragukan Craig Wright bukan Satohi Nakamoto

Craig Wright Bukan Pembuat Bitcoin Satoshi Nakamoto, Menurut Analisis Teks Baru
BY. DAVID GILBERT  01/22/16 AT 12:01 PM

Sumber : 

http://www.ibtimes.com/craig-wright-not-bitcoin-creator-satoshi-nakamoto-according-new-text-analysis-2276141

Pada bulan Desember, keduanya Wired dan Gizmodo mengidentifikasi ahli kriptografi Australia Craig Wright sebagai orang yang mungkin merupakan pendiri bitcoin yang sulit dipahami, Satoshi Nakamoto. Penyelidikan, berdasarkan dokumen bocor yang sama, menyimpulkan bahwa Wright adalah orang yang sama dengan Nakamoto atau dia adalah dalang tipuan pintar yang dirancang untuk membuat orang percaya bahwa dia adalah Nakamoto.

Tapi sebuah analisis baru dari tulisan Wright oleh perusahaan yang telah melacak Nakamoto melalui teks anonimnya selama bertahun-tahun menyimpulkan bahwa dia sangat tidak mungkin menjadi pendiri bitcoin. Memang, pencarian Satoshi Nakamoto terus berlanjut.

Setelah penyelidikan, International Business Times meminta Juola & Associates, firma yang menggunakan teknik yang disebut stylometry untuk mengidentifikasi penulis teks anonim, untuk membandingkan tulisan Wright dengan teks yang diketahui ditulis oleh Nakamoto, seperti whitepaper bitcoin asli. Diterbitkan pada tahun 2009. "Berdasarkan bukti linguistik, kami tidak percaya bahwa Craig Wright menulis kertas bitcoin itu," John Noecker, ilmuwan kepala di Juola & Associates, mengatakan.

Noecker sampai pada kesimpulan dengan menggunakan alat analisis teks yang disebut Envelope, yang mengembunkan "jutaan fitur linguistik yang berbeda yang telah kita pelajari selama 40 tahun penelitian linguistik dalam beberapa praktik terbaik."

Analisis teks bukanlah metode yang sangat mudah untuk mengidentifikasi seseorang tapi Joula, yang tekniknya dikembangkan oleh profesor Patrick Juola di Duquesne University, telah terbukti efektif di masa lalu. Itu adalah Joula yang pertama kali mengidentifikasi penulis Harry Potter JK Rowling sebagai penulis di balik "The Cuckoo's Calling," sebuah buku yang diterbitkannya dengan nama samaran. Untuk membantu mengidentifikasi Nakamoto, perusahaan telah bertahun-tahun men-tweak algoritmanya secara khusus untuk membantu mengidentifikasi pencipta bitcoin.

Sementara banyak yang percaya bahwa Wright adalah seorang hoaxer dan sebagian besar bukti yang menentangnya ditanam oleh Wright sendiri untuk mengelabui wartawan di Wired and Gizmodo, masih belum ada bukti pasti bahwa Wright bukan Nakamoto. Sementara sebuah pesan di forum bitcoin dari alamat email yang diketahui terkait dengan pencipta bitcoin yang membaca "Saya bukan Craig Wright. Kami semua Satoshi "diposting setelah laporan diterbitkan, tidak disertai dengan kunci PGP yang akan membuktikan asalnya.

Sejak diterbitkannya whitepaper bitcoin, dan terutama dalam beberapa tahun terakhir karena nilai kriptocurrency telah melonjak, banyak orang telah diidentifikasi sebagai pencipta bitcoin, termasuk seorang ilmuwan kriptografi Irlandia dan ilmuwan kepala bitcoin, Gavin Andressen - namun hanya tiga yang dianggap Calon yang realistis

Yang pertama adalah Nick Szabo, seorang profesor ekonomi tertutup yang menulis tentang mata uang desentralisasi dan "sedikit emas" sebelum peluncuran bitcoin. Analisis stylometric 2013 tentang tulisannya menghubungkannya dengan whitepaper yang diterbitkan oleh Nakamoto yang menjelaskan tentang bitcoin. Szabo membantah menjadi Satoshi.

Di bagian paling terkenal "unmasking," edisi Newsweek (milik perusahaan induk International Business Times, IBT Media) pada bulan Maret 2014 kembali ke tribun dengan cerita sampul bom yang mengklaim bahwa pencipta bitcoin adalah seorang pensiunan jepang. Fisikawan bernama Dorian Nakamoto. Nakamoto, yang namanya lahir Satoshi, mengaku tidak ada hubungannya dengan bitcoin dan mengatakan komentarnya salah diartikan oleh artikel tersebut.

Akhirnya, setelah wartawan "unmasking" Dorian Nakamoto, Andy Greenberg menemukan Hal Finney, perintis kriptografi pra-bitcoin dan orang pertama (selain Satoshi sendiri) untuk menggunakan perangkat lunak tersebut, yang tinggal beberapa blok dari Nakamoto. Finley meninggal pada Agustus 2014, namun selalu membantah menjadi pencipta bitcoin.

Berbicara minggu ini, Noecker dari Juola & Associates mengatakan bahwa dia masih mengatakan Hal Finney adalah kandidat yang paling mungkin dari sudut pandang linguistik, namun ada indikasi beberapa kontributor. "Teori kerja kami adalah Satoshi Nakamoto bukan orang tapi tim yang berkolaborasi untuk membuat makalah asli, karena itulah analisis linguistik terbukti sangat sulit," kata Noecker.

Wright telah bersembunyi sejak publikasi dua artikel dan Wired sejak menerbitkan sebuah tindak lanjut yang mengungkapkan rincian bahwa hal itu mungkin merupakan tipuan yang rumit dari pihak Wright. Sementara siklus berita terus berlanjut, otoritas pajak, yang menggerebek rumah Wright pada saat yang sama dengan laporan yang dipublikasikan pada bulan Desember, meneruskan pencarian mereka kepada pengusaha yang dicari untuk diinterogasi mengenai urusan perpajakannya.


Menurut sebuah laporan di The Australian minggu ini, pihak berwenang Down Under percaya Wright "bukanlah pencipta bitcoin dan bahwa dia mungkin telah menciptakan tipuan untuk mengalihkan perhatian dari masalah perpajakannya." Wright saat ini dipercaya berada di Inggris, di mana dia Akan memulai kursus master of finance di University of London




Related Articles

{