In Crypto Currency

Ciri-ciri Cloud Mining Ponzi Scam


Banyaknya cloudmining yang memberikan tawaran investasi dengan return yang menjanjikan membuat orang yang awam terhadap bitcoin semakin bingung. Benarkah cloud mining tersebut benar-benar mining atau scam. 

Berikut ini merupakan kriteria-kriteria yang dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah cloudmining ituscam/ponzi :

1.   Tidak ada alamat mining publik / no user selectable pool

Hashrate merupakan perhitungan berapa besar power yang anda beli untuk mining bitcoin.
Jika sebuah perusahaan cloudmining tidak memperbolehkan pengguna melihat hashrate yang dimilikinya dan tidak bisa membuktikan bahwa bitcoin yang di terima pengguna adalah hasil dari mining itu sendiri. Maka sudah dapat di pastikan SCAM.


2. Tidak adanya dukungan dari vendor-vendor ASIC ( pembuat alat mining )

Hardware dalam mining salah satunya menggunakan ASIC miner. Alat ini akan menambah Hashrate sehingga bitcoin yang dihasilkan akan lebih banyak.

Vendor alat mining akan dengan senang hati menunjukkan bahwa perusahaan cloudmining itu adalah pelanggannya dengan cara membuat postingan atau iklan kecil. Ini merupakan layanan gratis dari setiap vendor ASIC, dengan cara tersebut maka perusahaan yang telah menggunakan jasanya akan semakin berkembang dan diminati oleh yang membaca iklan/posting tersebut, dan tidak ada alasan untuk menolaknya. Jika sebuah perusahaan cloudmining tidak mendapatkan dukungan dari vendor ASIC, maka anda patut curiga dengan cloudmining tersebut.

3.  Tidak adanya gambar yang relevan dari hardware dan datacenter mereka.

Sebenarnya gambar bisa direkayasa. Namun perlu di lihat reviewnya apakah mereka benar-benar memiliki hardware yang digunakan.

Tidak ada alasan untuk tidak menunjukkan gambar tersebut, tentu saja jika tidak ada yang mengambil gambarnya. Namun, bisa juga gambar tersebut palsu, dan tidak membuktikan kepemilikan. Sama seperti kriteria yang tertulis, maka hal ini membuktikan mereka merupakan cloudmining SCAM/PONZI.

4.   Open ended IPO / resiko balik modal

Selain cloudmining yang di operasikan oleh vendor ASIC sendiri. Kamu tidak akan bisa menjual hashrate sesukamu. Perusahaan cloudmining yang tidak membatasi jumlah penjualannnya, atau menunjukkan berapa banyak yang mereka jual vs berapa banyak yang mereka operasikan, maka kamu harus curiga dengan cloudmining tersebut.

5.   Program referal dan sosial network

Kebanyakan PONZI menawarkan fee referral yang cukup besar. Ujung-ujungnya member-membayar member. Fee yang sering ada dari cloud mining tidak lebih dari 10 %. Bisa 1 % – 5 %. Bahkan fee 5 % sudah cukup besar untuk sebuah cloud mining yang betul-betul mining.

Referral program, khususnya yang memberikan 10% dari hasil ref, itu merupakan jumlah yang sangat besar. Cloudmining mendapatkan untung yang sedikit dari penghasilan totalnya. Dan tidak mungkin memberikan 10% hasil dari ref jika cloudmining tersebut merupakan cloudmining yang benar. Jika menawarkan program referal dan yang di beri adalah 10%/lebih maka itu merupakan skema ponzi.


6.   Anonymous operators

Si admin tidak jelas siapa. Atau kalau dia perusahaan biasanya fitkif tidak disertai dengan alamat jelas. Sebuah cloud mining terpercaya biasanya sang pemilik atau admin dari mining tersebut sudah cukup terkenal di forum-forum atau media.

Jika operator cloudmining menyembunyikan identitasnya dengan whoisguard, maka kamu patut curiga untuk menginvestasikan uang kamu di situ. Karena jika mereka menunjukkannya, bisa jadi hanyalah ID palsu atau informasi perusahaan yang palsu.

7.   Tidak bisa keluar ( berhenti )

Jika kamu tidak bisa mendapatkan uang kamu kembali ( dengan menjual hashrate yang di beli ). Maka kebanyakan itu merupakan sebuah skema ponzi. Auto invest kadang terjadi jika anda membeli cloud mining ponzi. Anda juga akan ditawari untuk melakukan reinvest dengan ROI yang menjanjikan.
Mining bitcoin atau cryptocoin lainya memerlukan biaya yang hampir sama dengan bisnis lainya. ROI yang wajar untuk mining bitcoin bisa mencapai 12 bulan. Apalagi saat ini setelah halving day dari  25 BTC block reward menjadi 12.5 BTC per blog reward.





Related Articles

{