In Tokoh

Tokoh Bitcoin Yang Paling Berpengaruh


20 tokoh Bitcoin yang disebutkan dibawah ini adalah tokoh-tokoh yang dianggap paling berpengaruh atas kontribusinya di Bitcoin. Hingga akhirnya sekarang, Bitcoin telah berubah menjadi satu mata uang digital yang cukup populer. Menjadi perbincangan di kancah ilmu pengetahuan kaitannya dengan perkembangan teknologi yang melingkupinya.

Bisa jadi, masih banyak tokoh lain dibelakang layar yang juga memberikan kontribusinya pada Bitcoin. Namun disini hanya ditampilkan 20 Tokoh Bitcoin saja berdasarkan kontribusinya, sehingga bisa mengantarkan Bitcoin menjadi mata uang digital yang populer. Berikut adalah 20 Tokoh Bitcoin tersebut:

Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto adalah tokoh utama dan paling misterius dibalik Bitcoin. Dialah pencipta Bitcoin, yang menggunakan nama samaran di dunia internet “pseudonim” dengan sebutan “Satoshi Nakamoto”. Nama tersebut seolah-olah mencitrakan dirinya sebagai orang dari negara Jepang. Namun hingga sampai saat ini jati dirinya masih tidak diketahui.

Setelah begitu aktif memperkenalkan temuannya dan juga aktif di komunitas kriptografer, dia kemudian menghilang. Dia menjauh dan memutuskan tidak lagi berkecimpung di dunia Bitcoin pada pertengahan tahun 2010.

Satoshi Nakamoto mengaku telah mengembangkan Bitcoin sejak tahun 2007. Setahun kemudian ia menerbitkan sebuah makalah akademis tentang Bitcoin yang ditulisnya sendiri.

Hal Finney


Nama dan sosok Hal Finney cukup melegenda di dunia pemprograman. Finney menjadi salah satu pencipta P.G.P (Pretty Good Privacy). P.G.P menjadi salah satu implementasi pertama kriptografi public key. Hal Finney telah berperan sebagai salah satu kontributor pertama dalam pembangunan proyek Bitcoin.

Tepanya di bulan Januari 2009, Finney menjadi orang pertama dalam sejarah Bitcoin. Karena telah menjadi orang yang pertama kali menerima transaksi Bitcoin. Hal Finney menerima transaksi pengiriman Bitcoin pertama tersebut dari Satoshi Nakamoto, setelah melakukan pertambangan blok Bitcoin pertama kali, atau yang dikenal dengan Genesis Block.

Selain itu, Finney juga adalah orang pertama yang megidentifikasi potensi adanya serangan transaksi ganda (double-spend) dalam jaringan Bitcoin. Pada situs Bitcoin Wiki, serangan yang ditemukan dan diidentifikasi oleh Finney ini disebut dengan Finney Attack.

Finney Attack ini adalah sebuah penipuan transaksi ganda yang membutuhkan peran seorang penambang setelah sebuah blok Bitcoin berhasil ditambang. Resiko karena adanya serangan ini tidak bisa dihilangkan begitu saja tanpa ada upaya pencegahan yang dilakukan oleh para merchant.

Hal Finney pada akhir tahun 2009 didiagnosis telah menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Orang Cina menyebut penyakit ini dengan sebutan Lou Gehrig. Meski dengan kondisinya yang lumpuh karena penyakit yang dideritanya, Finney masih terus berkontribusi dalam proyek Bitcoin.

Terakhir kali, Finney juga mengerjakan eksperimen software yang disebut bcflick. Software tersebut menggunakan Trusted Computing untuk meningkatkan keamanan wallet Bitcoin. Hingga pada suatu saat penyakitnya makin kritis, Finney akhirnya memutuskan komunikasinya dengan Satoshi. Tepat setelah Finney tidak bisa lagi berkomunikasi dengan Satoshi Nakamoto, secara perlahan Satoshi nakamoto juga mulai berangsur menjauh dari aktifitasnya diforum-forum.

Gavin Andresen


Gavin Andresen adalah seorang pria lulusan Universitas Pricenton tahun 1988. Di salah satu media online technologyreview, pria ini dianggap cukup berpengaruh dan yang cukup berperan hingga nilai mata uang digital Bitcoin bisa mencapai $7,7 miliar.

Sebelum Satoshi menghilang, Satoshi Nakamoto seakan meminta Gavin untuk meneruskan dan mempercayakan Bitcoin kepadanya. Satoshi pun memberikan Gavin akses ke proyek SourceForge dan memberikannya salinan alert key. Ulasan-ulasan Gavin Andresen tentang Bitcoin bisa juga dilihat di blog pribadinya di gavintech.

Mark Karpeles


Mark Karpeles adalah pemilik exchanger Bitcoin besar. Excenger miliknya dikenal dengan MtGox yang berbasis di Tokyo Jepang. Ditahun 2013 MtGox menangani transaksi Bitcoin hingga 63 persen dari keseluruhan transaksi Bitcoin.

Melalui MtGox, Karpeles melihat perannya bisa dibutuhan dan dipercaya sebagai jembatan mata uang tradisional dan Bitcoin. Namun, pada bulan April tahun 2013 MtGox terkena serangan DdoS. Akibatnya, membuat banyak pemilik Bitcoin panik dan menjual Bitcon. Hal tersebut membuat harga Bitcoin turun drastis. Dan akhirnya MtGox bankrut kemudian.
Selain perannya sebagai pemilik exchanger MtGox, Mark Karpeles, juga adalah pemilik situs utama Bitcoin Wiki.

Gonzague Gay-Bouchery


Bouchery adalah partner dan tangan kanan Mark Karpeles di MtGox. Pria yang dikenal suka mengendarai mobill mewah ini juga turut berperan membangun masa keemasan MtGox pada saat itu. Meski pada akhirnya MtGox juga menjadi satu tragedi kemudian.

Namun bagaimanapun juga, MtGox juga dianggap telah berperan dalam memperluas pengguna Bitcoin dan telah memudahkan transaksi bitcoin.

Martti Malmi


Martti Malmi, atau yang biasa dikenal di komunitas Bitcoin dengan nama “Sirius” adalah orang yang mengoperasikan situs Bitcoin.org.

Selain itu, dia juga berperan dalam hal administrasi dan pemeliharaan infrastruktur penting Bitcoin. Sirius juga sebagai administrator di forum Bitcointalk.

Patric Strateman


Patric Strateman adalah salah seorang pengembang Bitcoin. Namun Patric lebih banyak dikenal sebagai salah seorang co-founding Intersango. Sebuah perusahaan Bitcoin Exchange yang berbasis di Inggris.

Amir Taaki


Amir Taaki pria asli London ini telah berperan atas karya dan penemuannya pada pengembangan proyek-proyek open source. Selain itu, dia juga bertanggung jawab di Intersango dalam hal penciptaan bursa Britcoin.

Amir Taaki juga mengembangkan perpustakaan untuk bitcoin (Libbitcoin)Spesmilo, dan juga mendirikan Konsultasi bitcoin (Bitcoin Consultancy). Selain itu Amir Taaki juga mengembangkan Vibanko, GLBSE klien, klien Bitcoin pokerPython binding untuk bitcoin dan pastecoin.

ArtForz



ArtForz, bukan nama sebenarnya, adalah salah satu user di komunitas BitcoinTalk. ArtForz mengembangkan bitcoin miner GUI pertama. Bitcoin miner tersebut menggunakan kode khusus pertambangan Bitcoin. Kontribusi lain dari ArtForz di Bitcoin termasuk dalam hal pelaporan bug serius di jaringan Bitcoin.

Gary Rowe


Gary Rowe adalah pengembang dengan menggunakan javascript. Gary juga telah berkontribusi penting dalam ekosistem Bitcoin. Termasuk dalam beberapa proyek open source seperti multibitXchange, dan juga BitcoinJ. Multibit adalah sebuah wallet Bitcoin. Bisa dipergunakan pada platform Windows, MacOS, dan Linux.

Andreas Schildbach


Andreas Schildbach adalah seorang Pengembang dari Berlin. Ia berkontribusi dengan menciptakan Wallet bitcoin untuk Android.

Mike Hearn


Mike Hearn adalah seorang pengembang dan berkontribusi pada pengembangan software Bitcoin Core. Mike Hearn adalah mantan karyawan Google. Ia juga berkontribusi dalam pengembangan transaksi jaringan open source, termasuk juga pada penggunaan library BitcoinJ dan aplikasi Lighthouse. Bersama dengan Gary Rowe, Mike juga seorang pengembang BitcoinJ.

Nils Schneider


Nils Schneider adalah pemilik Bitcoin Watch. Nils juga berperan dan berkontribusi di Bitcoin. Nils Schneider menjadi pencipta BitcoinCharts. Selain itu, dia juga telah berkontribusi dalam pengembangan software pertambangan Bitcoin GPU, dan juga js web interface.

Jeff Garzik


Jeff Garzik adalah salah satu pengembang Bitcoin Core. Jeff juga salah satu pendiri Bitcoin Watch. Selain menjadi pengembang Bitcoin Core, Jeff juga pengembang kernel Linux di Red Hat.

Michael Marquardt


Michael Marquardt alah pendiri forum BitcoinTalk. Dia juga berperan dengan menciptakan Blok Explorer. Blok Explorer ini adalah sebuah situs yang menyediakan detail tentang blok bitcoin, alamat dan juga transaksi Bitcoin.

Lukas-jr


Lukas-jr membuat sebuah mining pool yang diberinama Eligius. Dia juga berkontribusi pada pengembangan BFGMiner. Sebuah software penambang Bitcoin yang bisa digunakan untuk ASIC, FPGA, GPU, dan juga CPU. BFGMiner juga talah tersedia pada platform Linux, Mac, dan juga Windows.

Stefan Thomas


Stefan Thomas adalah pencipta WeUseCoins. Merupakan sebuah portal situs online yang bertujuan untuk lebih memperkenalkan Bitcoin pada masyarakat luar. Stefan kemudian memutuskan untuk membuat Ripple. Sebuah jenis mata uang digital lain selain Bitcoin.

Jed McCaleb



Jed McCaleb lebih banyakk dikenal sebagai pengembang asli MtGox. Kemudian ia menjualnya kepada Karpeles. Jed McCaleb juga menciptakan eDonkey2000, yakni sebuah aplikasi berbagi file yang menggunakan juga menggunakan jaringan peer-to-peer. Jed kemudian memutuskan pindah ke Ripple.

Pieter Wuille


Seorang pengembang Satoshi Client. Atau yang biasa disebut dengan Satoshi Code. Selanjutnya Satoshi Code ini diimpllementasikan dalam sebuah software yang bernama Bitcoin Core. Pemberian nama Satoshi Client ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa Satoshi Nakamoto yang telah menciptakan Bitcoin.

Vladimir Marchenko


Marchenko mendirikan perusahaan Marchenko Ltd. Perusahaan ini menjual jasa kontrak pertambangan kepada para pengguna Bitcoin. Istilah jasa kontrak pertambangan dewasa ini dikenal juga dengan sebutan cloud mining.




Related Articles

{