In Trading

Strategi Trading Cryptocurrency


Strategi Trading Cryptocurrency

Berapa besar kesempatan anda untuk membeli cryptocurrency pada harga paling dasar ? dan seberapa besar kesempatan anda untuk menjual crypto currency pada harga paling puncak ? Kenyataannya ialah jual beli cryptocurrency tidak akan dapat kita lakukan dengan timing yang sempurna. 

Setiap orang mempunyai tujuan mereka tersendiri saat berinvestasi dan trading cryptocurrency. Mungkin anda akan sering menyalahkan diri sendiri, kenapa saya tidak beli Bitcoin satu tahun yang lalu saat harganya masih $600 ? Disini terbuktikan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat memprediksikan masa depan. Hanya dengan belajar dari kesuksesan dan kegagalan masa lalu, barulah kita dapat maju terus menyongsong hari baru. Ada beberapa faktor jual beli cryptocurrency yang harus kita perhatikan:

1. Mengetahui dan menyadari kekuatan dibalik cryptocurrency. Perlu diketahui bahwa fundamental cryptocurrency berbeda dengan investasi pada bursa saham/forex. Mungkin satu kemiripan antara mereka berdua ialah perlunya platform trading sebagai media perantaraan perdagangan. Disini kita menyadari bahwa kekuatan teknologi dibalik Ethereum mempunyai potensi besar untuk diadopsikan pada berbagai sektor industri. Selain itu, sifat utama cryptocurrency yang terdesentralisasi menunjukkan bahwa ia tidak bisa ditutup ataupun dimanipulasikan dengan mudah.

Mungkin ada orang yang akan bertanya kenapa anda memiliki Ether ? 

Jawabannya sederhana, karena saya percaya dengan masa depan dan mungkin anda juga sepatutnya begitu.

2.     Menentukan sebuah strategi. Berapa kali anda menjual dan membeli cryptocurrency dalam satu minggu ? Beberapa orang hendak menjadi daily trader, tapi banyak orang sudah membuktikan bahwa memegang untuk jangka masa panjang ternyata lebih membuahkan hasil. Sebuah strategi yang selalu saya katakan kepada kawan kawan yang masih baru dalam cryptocurrency ialah "buy and hold". Semakin lama anda merencanakan untuk memegang sesebuah cryptocurrency, maka resiko yang anda hadapi akan semakin kecil. Terkecuali jika adanya indikator musibah terhadap apa yang sedang terjadi dibalik sesebuah cryptocurrency tersebut, maka barulah anda harus membuat keputusan untuk cut loss (menjualnya).

3.    Modal investasi. Saat kita berinvestasi kedalam cryptocurrency, maka uang fiat (negara) akan kita belanjakan untuk membeli Bitcoin/Ether itu. Saat kita meningkatkan investasi cryptocurrency dari hari ke hari, maka ini akan mengurangkan keinginan untuk melakukan jual dan beli. Jika anda sudah mempelajari bahwa sesebuah cryptocurrency mempunyai prospek untuk jangka masa panjang, maka lebih bagus selalu percaya kepada prinsip itu. 

4.   Trading cryptocurrency merupakan ilmu yang kita pelajari dari pengalaman dan bukan sebuah mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Strategi yang lebih sederhana ialah jangan menggunakan lebih dari 10% portfolio anda untuk bereksperimen dalam market cryptocurrency. Tetap jaga 90% portfolio anda untuk investasi jangka masa panjang. Setiap crypto mempunyai keunikan dan resiko masing masing. Dengan mengetahui apa saja kelemahan dan keunggulan teknologinya, maka ini dapat membantu kita membuat keputusan finansial yang lebih baik dalam jual beli cryptocurrency.

5.  Industri cryptocurrency masih pada tahap awal. Jangan karena menganggap Bitcoin, Ethereum atau DASH sudah mencapai harga tertingginya, anda merasa "terlalu mahal" untuk mulai berinvestasi. Perlu selalu diingat bahwa masih sangat besar potensi yang dapat mereka lakukan dalam kehidupan manusia. 



Related Articles

{