In Tokoh

Vitalik Buterin Founder Ethereum


BIOGRAFI SINGKAT VITALIK BUTERIN

Siapakah Vitalik Buterin ? Anak muda yang berhasil dibidang cryptocurrency ini masih berusia belia ketika mengembangkan Etherium. Dia adalah pengembang Etherium.
Vitalik Buterin lahir tanggal 31 Januari, 1994. Selain seorang programmer dia juga seorang penulis. Dia adalah co founder bitcoin magazine.

Buterin lahir di Moscow,  Rusia. Ketika usianya 6 tahun orang tuanya pindah ke Canada. Ketika sekolah dasar di kelas 3 dia dimasukan kelas khusus sehingga dia bisa belajar matematika, ekonomi, dan pemrograman. Kemampuan dia adalah menambahkan 3 digit angka lebih cepat dibanding teman-temannya.

Dia masuk universitas Waterloo namun dia drop out. Kemudian mulai tertarik dengan bitcoin. Saat ini Buterin tinggal di Zug , Switzerland.

Bitcoin Magazine


Buterin menjadi penulis lepas untuk bitcoin blog ketika bertemu dengan seorang di forum. Dia dibayar 5 BTC ($3.5) untuk 1 artikel. Namun blog tersebut tutup karena bitcoin kurang terkenal pada saat itu.

Pada tahun 2011 seseorang mendatangi dia untuk bergabung pada sebuah penerbitan Bitcoin Magazine. Buterin menjadi co-founder dan menjadi penulis utama Bitcoin Magazine. Pada tahun 2012 Bitcoin Magazine menjadi salah satu publikasi yang diakui di bidang cryptocurrency. Pada tahun 2014 Bitcoin Magazine dibeli oleh BTC media dan Buterin masih menjadi penulis disana. Dia menempati posisi Board Ledger di Bitcoin Magazine.

Etherium


Etherium sering disebut sebagai program komputer yang terdesentralisasi yang berjalan dengan smart kontrak atau aplikasi pemrograman yang berjalan sendiri tanpa kemungkinan down, sensor, pemalsuan dan pengaturan oleh pihak ketiga. Etherium lebih dari sekedar mata uang virtual atau altcoin seperti layaknya bitcoin. 

Dengan teknologi blockchain Etherium pengembang bisa membuat pasar, menyimpan data hutang, menyalurkan dana,  dan melakukan transaksi jual beli tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Turing Complete.

Vitalik Buterin membuat Etherium pada tahun 2014 Etherium meluncurkan pre-sale dan mendapatkan respon yang luas. Distribusi Etherium pada saat pre-sale adalah 60 juta Ether untuk para contributor. 12 juta digunakan untuk pengembangan yang sebagian besar digunakan oleh Etherium Foundation. 5 Ether tercipta setiap 15 – 17 detik untuk para miner. 2-3 Ether diberikan kepada miner yang bisa menyelesaikan solusi dari puzzle pada mining. Etherium  secara resmi diluncurkan pada tanggal 30 Juli 2015. Dengan diluncurkanya Etherium Buterin menerima penghargaan Word Technology Award tahun 2014.

Usia muda dan kreatif serta punya visi yang jauh kedepan. Sesuatu hal yang positif.




Related Articles

{